Beranda Kabar Terbaru Waykanan BMKG Prediksi Adanya Cuaca Ekstrem Dalam Beberapa Hari Kedepan, Ini Dampaknya !!!

BMKG Prediksi Adanya Cuaca Ekstrem Dalam Beberapa Hari Kedepan, Ini Dampaknya !!!

203
0

Way Kanan, KabarWayKanan.Com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kembali Merilis adanya potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari kedepan. Mengingat hal itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang mungkin timbul dan berdampak fatal, Selasa (08/11/2022)

“Peringatan dini masyarakat di himbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll),” himbau Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Selasa (8/11/2022) di salah satu halaman resmi sosmednya.

Guswanto menjelaskan, potensi cuaca ekstrem terjadi karena adanya gangguan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO). Fenomena MJO diprakirakan terpantau aktif di Samudera Hindia selatan Jawa, Papua Tengah dan Papua Pegunungan yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil pantauan dan analisis BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi pada 8 dan 9 November di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

“Sehingga dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin dalam satu minggu ke depan,” Jelasnya.

Pada 10 hingga 11 November, cuaca ekstrem berpotensi diperkirakan akan mulai melanda Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selanjutnya melanda Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.(KWK/Awal)

Artikulli paraprakHarga Sawit di Bumi Ramik Ragom Mulai Merangkak Naik, Petani Sawit Mulai Sejahtera
Artikulli tjetërKPU Way Kanan Rekrut PPK & PPS Secara Online, Begini Tutorialnya !!!
Bekerja Sesuai Dengan Hoby dan Kemampuan